Pengertian Dasar Array dalam C / C+= (Tipe Bentukan)

ARRAY

Pengertian Array    

    Array adalah sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memilki tipe sama. Setiap data tersebut menempati lokasi atau alamat memory yang berbeda-beda dan selanjutnya disebut dengan elemen array. Elemen array itu kemudian dapat diakses melalui indeks yang terdapat di dalamanya. Namun, penting sekali untuk diperhatikan bahwa dalam C++ indeks array selalu dimulai dari 0, bukan 1. Berikut ini adalah gambar yang mengilustrasikan sebuah array.


     Untuk mendeklarasikan sebuah array dalam C++, kita harus menggunakan tanda [] atau disebut bracket. Adapun bentuk umum dari pendeklarasiannya adalah sebagai berikut :
tipe_data nama_array[jumlah_elemen];
    Sebagai contoh, apabila kita ingin mendeklarasikan sebuah array (misalnya dengan nama LARIK) yang memiliki 25 elemen dengan tipe data int, maka bentuk deklarasinya adalah seperti yang tampak di bawah ini.

int LARIK[];
    Ruang memori yang dibutuhkan untuk mendeklarasikan array tersebut adalah 100 byte, yang berasal dari 25 x 4 byte (4 merupakan ukuran dari tipe data int). Cara yang digunakan untuk mengakses elemennya adalah dengna menuliskan indeksnya. Misalnya kita ingin mengambil nilai yang terdapat pada elemen ke-10 dan menampung nilai tersebut ke dalam sebuah variabel yang bertipe int juga (misal x), maka kita perlu menuliskan kode seperti berikut :
X = LARIK [9];
    Kenapa 9, bukan 10? karena indeks array selalu dimulai dari 0 sehingga untuk pengaksesan elemen ke-10, maka indeks yang dibutuhkan adalah 10 - 1, yaitu 9.


0 Response to "Pengertian Dasar Array dalam C / C+= (Tipe Bentukan)"

Post a Comment