Tutorial Proses Pengerjaan Tugas Akhir Pemrogaman Internet (Sosial Media) Tahap 3 (Database)

Selamat siang para pembaca yang setia, sekarang kita masuk ke tahap sungguh-sungguh, serius, dan jangan bosan, karena tutorial yang saya berikan akan saya berikan selengkap lengkapnya kawan,  karena semua tutorial berasal dari saya ber-TAPA :v

Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi...
Pada tahap 3 ini kita harus sudah paham tentang semuanya tentang Sosial Media kita. Karena sekarang kita akan memulai untuk membuat projek..

Tahap-Tahapnya adalah :

  1. Kita harus memiliki software XAMPP yaitu sebuah web server apache yang mensupport php programming, di dalamnya tersedia database server mysql, apache, PHP support, dan modul lainnya.
  2. Bila XAMPP sudah diinstal, aktifkan apache dan MySQL pada XAMPP tersebut dengan mengklik button ‘Start’ pada kolomAction di tiap modulenya.


  3. Bila keduanya sudah running, buka browser kemudian masuk ke alamat http://localhost/phpmyadmin/




  4. Pertama yang kita lakukan adalah membuat database terlebih dahulu untuk menampung table yang kita buat. Cara membuat database adalah dengan mengklik attribute ‘Database’ lalu isikan nama database sesuai dengan keinginan pada ‘Create database’ kemudian Create.



  5. Bila database sudah dicreate, maka database yang kita buat tadi tampil di dalam kumpulan database. Di sini saya menggunakan nama database "DickyAdventure" dan collationnya saya pilih swedish.



  6. Lalu langsung saja klik database "dickyadventure" kemudian kita akan langsung mulai membuat tabel pertama tabel "admin" dan total nantinya akan ada 6 tabel lainnya. Caranya adalah dengan cara isi text areanya name "admin" colom "2" seperti gambar dibawah.


  7. Lalu buatlah tabel admin dengan isian seperti pada gambar dibawah :
    Tabel admin berfungsi untuk menyimpan data administrator.

                               

    Keterangan :
    Field username akan kita isikan datanya dengan admin dan field password kita isikan juga dengan admin, nanti di-enkripsi dengan funtion MD5, sehingga nanti data yang terisi adalah 21232-- dan seterusnya (capek nulisnya :v ) hehe...
  8. Kemudian kita selanjutnya membuat tabel user. Tabel user berfungsi untuk menyimpan data user yang telah terdaftar (registrasi). Isikan tabelnya seperti pada gambar dibawah ini :


    Keterangan :
    - uid
    di-set auto_increment agar tiap ada user baru akan memiliki kode yang unik dan untuk menghindari redundansi user id yang terdaftar. Field ini juga di set sebagai Primary Key.
    - password akan berisi data password yang telah di-enkripsi dengan fungsi MD5.
    - nama akan berisi data nama user.
    - gender akan berisi data jenis kelamin dari user (Laki-Laki/Perempuan)
    - email akan berisi data email user.
    - gambar_profil akan berisi path foto profil user
    - gambar_profil_kecil akan berisi path dari foto profil user yang berukuran kecil yaitu 50 x 50px.
    - array_teman berisi data uid teman yang disimpan dengan pemisah tanda koma.
    - permintaan_teman akan berisi data permintaaan teman dan berfungsi untuk menotifikasi adanya    user yang meminta pertemanan pada aplikasi, karenaketika user ingin menambahkan teman di daftar    temannya, data tersebut tidak langsung disimpan dalam field "array_teman", tapi akan tersimpan ke      field ini dulu, supaya user bisa memilih antara menerima atau menolak pertemanan. Jika user sudah
     menjawab permintaan teman (menerima/menolak), maka field permintaan_teman akan dikosongkan
     lagi.  
  9. Selanjutnya kita akan membuat tabel status. Tabel ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan postingan status semua user yang terdaftar. Adapun struktur tabelnya sebagai berikut :


    Keterangan :
    - idstatus berperan sebagai Primary Key agar setiap status memiliki id yang unik dan di set        
      auto_increment.
    - status akan berisi data status yang di posting
    - uid_fk berisi data id user dan berperan sebagai Foreigner Key (kunci tamu),karena nilainya sama
      dengan field uid di tabel user.
    - id_dinding berperan sebagai penanda status, apakah status ditulis di dinding sendiri atau di dinding
      user lain. Hal ini bertujuan agar status ditulis di dinding sendiri atau di dinding user lain. Hal ini
      bertujuan agar status yang tampil di halaman profil dan halaman utama nantinya bisa dibedakan.
    - foto berisi data path foto yang di update memlaui status. Jika nanti status yang ditulis tanpa
      mengupload foto, maka nilai field ini akan terisi "undefined".
    - ip akan berisi data IP server user yang menulis status.
    - dibuat berisi data waktu user mengupdate status. Nilai waktu di sini adalah nilai integer yang      nantinya akan kita konversi lewat fungsi untuk menghasilkan berapa lama status dibuat.
  10. Berikutnya adlaah tabel komentar. Tabel komentar ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan postingan komentar status. Adapun struktur tabelnya sebagai berikut :


    Keterangan :
    - idkomentar berperan sebagai Primary Key dan di set auto_increment.
    - komentar berisi data komputer yang diposting pada status
    - idstatus_fk berisi data idstatus dan berperan sebagai Foreign Key (Kunci Tamu), karena nilainya
      sama dengan field idstatus di tabel status.
    - uid_fk berisi data id user dan berperan sebagai Foreign Key, kareana nilainya sama dengan field uid   di tabel user.
    - ip akan berisi data IP server user yang menulis status.
    - dibuat berisi data waktu user mengupdate komentar. Nilai waktu adalah nilai integer yang nantinya
      di konversi untuk menghasilkan berapa lama komentar dibuat.
  11. Kemudian kita membuat tabel pesan. Tabel pesan ini berfungsi sebagai tempat pentimpanan pesan pribadi (Private message) pada aplikasi. Adapun struktur tabelnya sebagai berikut :

                       

    Keterangan :
    - id berperan sebagai Primary Key agar setiap pesan memiliki id yang unik dan set auto_incremen.
    - id_pengirim berisi data uid si pengirim pesan.
    - id_penerima berisi data uid si penerima pesan.
    - tgl berisi data tanggal pesan dikirim.
    - subject berrisi data judul/ header dari pesan yang dikirim.
    - pesan berisi data pesan yang dikirim, bertipe longtext agar pesan dapat menampung data text yang     cukup pangjang.
    - dibuka berisi data pesan dibuka/ belum dibuka. Jika sudah dibuka, data akan berisi '0' dan jika
      belum dibuka maka data akan berisi '1'. Data bernilai '1' berfungsi untuk menorifikasi user nanti jika     ada pesan baru yang diterima.
  12. Dan yang terakhir adalah membuat tabel permintaan_teman. Tabel permintaan_teman berfungsi sebagai tempat permintaan teman yang nantinya pada aplikasi bertujuan utuk memberitahu user jika ada permintaan teman baru. Adapun struktur tabelnya sebagai berikut:


    Keterangan :
    - id berperan sebagai Primary Key dan di set auto_increment.
    - mem1 berisi data uid si pengirim pesan.
    - mem2 berisi data uid si pengirim permintaan teman.
    - timedate berisi data waktu permintaan teman.
  13. Dan hasil akhirnya kita sudah mempunyai 6 buah tabel




Yupz dengan terbentuknya 6 buah tabel tersebut... kita akhiri dulu untuk Tahap 3 ini.....
Terimakasih sudah membaca... dan selamat mencoba kawan :)

to be continued


0 Response to "Tutorial Proses Pengerjaan Tugas Akhir Pemrogaman Internet (Sosial Media) Tahap 3 (Database)"

Post a Comment