Mengenal Sejarah Permainan Bola Voli Secara Singkat

Bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Olahraga favorit yang dinaungi oleh Federation Interantionale de Volleyball sebagai induk organisasi Internasional ini setiap grupnya diisi oleh 6 orang pemain. Adapun organisasi yang mengurusi voli di dalam negeri lebih dikenal dengan julukan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). 

Perkembangan yang cukup pesat pada olahraga ini juga tidak terlepas dari sejarah permainan bola voli yang pada awalnya diberi nama Mintonette. Permainan ini ditemukan oleh instruktur pendidikan jasmani yakni William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895. Tepatnya di Holyke, Massachusetts, Amerika Serikat.



YMCA yang bertujuan menanamkan nilai-nilai pokok umat Christen ini menjadi saksi sebelum ketenaran bola voli melejit hingga ke berbagai belahan dunia. Morgan menciptakan permainan ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga Basketball oleh James Naismith. 

sejarah, sejarah permainan, sejarah permainan bola voli, sejarah permainan bola voli secara singkat
Sejarah  Permainan Bola Voli Secara Singkat

Cikal bakal sejarah permainan bola voli

Cikal bakal sejarah permainan bola voli ini sebenarnya memadukan beberapa konsep ke dalam satu kegiatan yang terlihat sangat mengasyikkan untuk mengisi waktu senggang bahkan bola voli sampai saat ini tercantum sebagai olahraga tingkat nasional dan internasional dan berhasil menciptakan atlet-atlet dengan kemampuan spektakuler. Adapun teknik tersebut terdiri dari tenis, bola basket, baseball, dan yang terakhir adalah handball. 

Sejarah permainan bola voli ini tak hanya memperhatikan skil pemainnya saja, permainan ini juga dirancang khusus agar anggota YMCA yang sudah tida berusia muda bisa memainkannya tanpa perlu mengeluarkan tenaga yang ekstra seperti bola basket. 

Perubahan Mintonette terjadi saat Dr. Luther Hasley Gulick meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan yang telah ia ciptakan di kampus yang baru. Dihadiri oleh instruktur pendidikan jasmani, Morgan tak segan membawa timnya yang beranggotakan 5 orang per tim. Ia menjelaskan peraturan dan sasaran bola voli yang pemainnya diharuskan mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi dari satu wilayah ke wilayah lawan. 

Sementara untuk sarana dan prasaran yang diperlukan berupa lapangan berukuran 9 x 18 meter, bola dengan berat ideal, Net putra 2, 43 meter dan putri 2, 24 meter. 

Mereka yang bertanding harus berlomba-lomba mencapai angka 25 meter terlebih dahulu.



http://dickyanggriawannugroho.blogspot.co.id/2012/03/sejarah-televisi-dan-pengaruhnya.html


Terimakasih sudah berkunjung di website saya dicky . Dan semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Mengenal Sejarah Permainan Bola Voli Secara Singkat"

Post a Comment