Tutorial Lengkap Instalasi Webserver Apache, PHP dan MySql dengan XAMPP di Windows Dengan Cepat







Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata XAMPP,khususnya kita yang belajar tentang pemograman internet kelompok A11.4802 pasti akan lebih kenal dengan namanya XAMPP.XAMPP ini sudah umum dan banyak diketahui oleh orang-orang yang pastinya terhubung oleh localhost. untuk lebih jelas,saya akan mengulas mengenai XAMPP secara detail.

 Saya akan share tentang Xampp,xampp ini yg sering di gunakan untuk melihat web yg OFFline yg kita buat sendiri atau yang sering di sebut Web Master,yg berisi Apache,Filezila dll...
Xampp ini berguna banget buat orang-orang yg emnggeluti web seperti saya :D :D
 

Pengertian Xampp terbaru xampp versi 1.8.1 - xampp adalah sebuah perangkat lunak yang di bagikan secara bebas dan mendukung banyak sistem operasi seperti Windows, Linux, Solaris, Dan Mac OS X.
Fungsi dari aplikasi xampp sendiri adalah sebagai server yang berdiri sendiri atau biasa di sebut (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.
Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.
nah bagi anda yang sedang belajar membuat dan mendasain atau menguji sebuah website pastinya sangat mahal biayanya karena kita butuh sewa hosting dan memiliki akses internet.
tapi dengan adanya Software xampp ini anda tidak perlu memiliki akses internet dan hosting karena semua file kita simpan di komputer sendiri.
komponen
Apache 2.4.2
MySQL 5.5.25a
PHP 5.4.4
phpMyAdmin 3.5.2
FileZilla FTP Server 0.9.41



Selain itu,XAMPP memiliki bagian terpenting yaitu :

1) htdoc merupakan folder untuk meletakkan berkas-berkas akan dijalankan ke localhost

2) phpmyadmin merupakan bagian dari localhost yang dapat mengelola data MySQL pada komputer.jika ingin membukanya,ketik di adress browser anda localhost/phpmyadmin

3) control panel berfungsi mengelola layanan service pada XAMPP yang digunakan untuk memulai(start) dan menghentikan(stop)




 Berikut Adalah Cara Penginstalannya.....

1.  Pastikan komputer yang akan diinstall xampp belum terinstall webserver lain agar tidak menyebabkan bentrok dengan webserver apache. 

2. Anda harus mempunyai program xampp-win32-1.8.1-VC9-installer.exe  , jika anda belum punya anda bisa mendownloadnya sendiri di Google.

3. Kemudian klik 2x program xampp-win32-1.8.1-VC9-installer.exe



4. Lalu tunggu hingga persentase proses mencapai 100%



5. Setelah itu klik ok untuk tampilan dengan bahasa inggris, atau anda bisa memilih juga bahasa lainnya, akan tetapi yang kita contohkan disini adalah yang bahasa inggris 



6. Dan jika anda menemui pesan eror apapun, abaikan saja dengan mengklik ok, yes atau next.



7. Kemudian jika sudah muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini yang isinya meminta untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika semua aplikasi sudah ditutup, klik next


 8. Setelah itu anda akan diminta untuk memilih aplikasi apa saja yang ingin diinstall. Pilihlah dengan cara  mencentang semuanya saja, kemudian klik next


9. Selanjutnya anda akan diminta menentukan lokasi dari hasil instalasi xampp tersebut, jika sudah klik instal

10. Lalu akan terjadi proses instalasi, tunggulah sebentar sampai proses selesai


11. Setelah proses instalsi selesai maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu klik finish untuk menyudahinya


12. Selanjutnya akan muncul tampilan apakah ingin langsung menjalankan aplikasi xampp atau tidak. Jika ya klik Yes, jika tidak klik No



Ok sahabat semuanya, sekian tutorial dari saya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua,
dan selamat mencoba :)


3 Responses to "Tutorial Lengkap Instalasi Webserver Apache, PHP dan MySql dengan XAMPP di Windows Dengan Cepat"