Tutorial Instalasi Eclipse Juno Untuk Mendevelop Aplikasi di Android

Yaaa.... Haaa...... Salam TA.PA

Kemarin saya sudah share tentang cara untuk membuat salah satu Web Aplication yaitu cara pembuatan Sosial Media mengunakan bahasa PHP&Ajax.  Nah sekarang kita akan membahas tentang cara membuat mobile aplication menggunakan Eclips pada android dengan menggunakan bahasa java....

Hmzz kalian pasti sudah tidak sabar tentunya kan... yup the Adventurous akan menjelaskannya sekarang juga step by step instalasi program-program yang dibutuhkan untuk develop.... Yupz langsung saja kita mulai ... :



Instalasi Java Development Kit

Android merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan dengan java, sehingga untuk dapat melakukan pemrogaman berbasis Android maka langkah awal yang harus dilakukan adlaah mengistal program Java.
Berikut cara menginstal program java :

  1. Klik pada program java dengan nama jdk-6u22-windows-i586.exe
  2. Akan muncul jendela Java(TM) SE Development Kit Update 22- Setup. Selanjutnya klik tombol next.


  3. Berikutnya, pilih tempat instalasi JDK, Anda bisa menggunakan folder degaultnya di C:\Program Files\Jaava\jdk1.6.0_22\. Kemudian kliklah tombol Next.
  4. Yupz berikutnya silahkan di tinggal main DOTA dulu sambil nunggu proses instalasi JDK selesai dilakukan :v


  5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk melakukan instalasi JRE juga. Klik tombol Next.
  6. Dan anda bisa melanjutkan main DOTA lagi sampai proses ini selesai.
  7. Selanjutnya klik tombol finish.
  8. Untuk melakukan pengecekan apakah instalasi program JDK atau JSE berhasil dilakukan, klik tombol windows, kemudian ketikkan cmd pada bagian search programs tekan tombol Enter. Akan muncul command prompt.
  9. Ketikkan java -version kemudian tekan Enter. Hasilnya akan muncul tentang java version yang anda telah instal tadi.



Instalasi Android SDK

Android SDK (Software Development Kit) adalah toll API ( Application Programming Interface) yang diperlukan untuk mpengembangan aplikasi pada platform Android, atau dapat dikatakan sebagai perangkat lunak yang digunakan dalam pengembangan aplikasi pada android. Android SDK dapat didownload melalui situs resminya yaitu http://developer.android.com/sdk/index.html. Dan berikut ini cara menginstallnya :
  1. Ekstrak Android SDK.rar kedalam direktori C:\ Program Files\Android SDK dengan cara mengklik kanan pada file Android SDK.rar kemudian kemudian pilih extract files...
  2. Pilih direktori C:\Program Files dengan mengklik tanda + .
  3. Buat folder didalam direktori C:\Program Files dengan nama Android SDK kemudian klik tombol OK


  4. Tunggu beberapa detik sampai proses extrak selesai dilakukan.
  5. Setelah selesai mengekstrak, pada direktori C:\Program Files akan terbentuk folder dengan nama Android SDK. Di dalam golder ini, akan terlihat beberapa file yang nantinya dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi yang akan kita buat.

Download  Eclips Juno
Sebelum menginstal eclipse maka Anda harus mendownload-nya terlebih dahulu disitus resminya yaitu www.eclipse.org/ downloads/packages/release/juno/r.
Kemudian klik pada link Eclipse Classic 4.2 dan pastikan anda sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Sebagai contoh disini the Adventurous menggunakan sistem operasi windows 32-bit, jika Anda menggunakan sistem operasi windows dengan 32 bit, jika Anda juga menggunakan sistem operasi yang sama maka, klik pada teks link Windows 32-bit. Selanjutnya klik tombol Start Download untuk melakukan pengunduhan program eclipse SDK 4.2 (juno).






Instalasi Android Development Tools

Android Development Tools atau lebih terkenal dengan sebutan ADT atau plugins eclipse merupakan plugin yang digunakan untuk membuat project berbasis android. Android Development Tolls wajib diinstal sehingga IDE eclipse yang sudah terinstall dikomputer dapat digunakan sebagai tempat atau media untuk melakukan pemrograman android.
Instalasi ADT cukup mudah, anda tinggal mengekstrak file eclipse-SDK-4.2-win32.zip yang telah didownload sebelumnya. Untuk lebih jelasnya kamu dapat mengikuti langkah-langkat berikut ini :

  1. Klik kanan pada file eclipse-SDK-win32.zip.
  2. Pilih Destination path untuk meletakkan file eclipse-SDK 4.2-win32 yang akan di ekstrak. Pada contoh ini the Adventurous menempatkannya pada direktori C:\Program Files, kemudian klik otmbol OK. tunggu beberapa saat, sampai proses ekstrak selesai.
  3. Selanjutanya buka folder eclipse, kemudian jalankan program eclipse.exe.


  4. Akan muncul logo eclipse dengan nama juno kemudian akan muncul sebuah endela dengan nama Workspace Launcher. Workspace ini digunakan untuk menampung data-data yang nantinya akan digunakan ketika melakukan pemrograman . Langkah selanjutnya, klik tombol Ok.


  5. Tunggu beerapa saat, akan terlihat jendela Java-Eclipse SDK dengan kata sambutan Welcome to Eclipse. Tutup jendela Welcome to Eclipse dengan mengklik tanda silang .


  6. Jendela eclipse akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


  7. Langkah berikutnya adalah mengistall  ADT dengan cara, klik pada menu Help kemudian Install New Software..


  8. Akan muncul jendela Install dengan nama Avaliabel Software. Langkah selanjutnya klik tombol Add...


  9. Lalu akan terlihat jendela Add Repository. Nah karena penginstalan ADT secara offline atau tanpa koneksi internet, maka klik tombol Archive...


  10. Pilihlah file ADT-8.0.1.zip kemudian klik tombol Open.

  11. Kemdian kamu akan melihat kembali jendela Add Repository. Isikan pada Name dengan nama Android, selanjutnya klik tombol Ok.

  12. Langkah selanjutnya, beri tanda centang atau check list pada bagian Developer Tools, Android DDMS, Android Development Tools dan pda Android Hierarchy Viewer. Kemudian klik tombol Next..


  13. Tunggulah beberapa saat sampai proses Calculating requierements and dependencies selesai.


  14. Penginstalan ADT berhasil dilakukan dengan keterangan Install Details Review the item to be installed. Selanjutnya klik tombol Next. Kamu akan melihat jendela Review Lienses, dimana lisensi mengenai peraturan-peraturan dapat kamu baca di dalamnya. Langkah berikutnya klik pada bagian radio button I accept bla bla bla :v kemudian klik tombol Finish.


  15. Jendela Installing Software akan secara otomatis muncul, tunggulah beberapa saat sampai proses pengisntalllan selesai dilakukan.


  16. Jika pada proses pengisntallan muncul jendela Security Warning, kamu tidak perlu khawatir atau panik, cukup klik tombol ok saja, maka proses pengistallan akan berlanjut sampai selesai.


  17. Setelah pengisntallan selesai maka kamu akan diminta untuk melakukan restart program Eclipse kamu. Klik tombol Yes untuk melakukan restart.






Seting Android SDK

Setting android SDK digunakan untuk memberitahukan kepada ADT letak dari installasi SDK android. Informasi ini diperlukan saat memanggil emulator Android yang akan digunakan pada saat mengcompile project. Emulator dapat digunakan sebagai tempat untuk menampung hasil dari compile project yang telah dilakukan sehingga dapat dilihat hasilnya.
Untuk mensetting Android SDK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Klik menu Window -> Preferences
  2. Akan muncul jendela Preferences , selanjutnya Klik tombol Browse pada bagian SDK Location.
  3. Setelah muncul jendela Browse For Folder, pilih folder tempat mengekstrak file Android SDK , kemudian klik Ok.
  4. Akan terlihat pada bagian SDK Location yang sebelumnya kosong menjadi terisi C:\Program Files\Android SDK. Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tombol Apply.
  5. Pada tabel yang berisi Target Name, Vendor, Platform, dan API Level akan terlihat beberapa keterangan seperti Android 2.2, Google APIs, Android 2.3, Google APIs, dan lain-lain. Langkah berikutnya, klik tombol Ok.




Setup Emulator

Emulator itu fungsinya untuk mensimulasikan perangkat android yang sesungguhnya dan digunakan untuk menjalankan aplikasi atau program Android yang sedang dikembangkan. Dengan adanya emulator ini, kamu bisa mencoba program yang sedang dekembangkan dengan cepat dan tidak dibutuhkan perangkat Android yang sebenarnya. Didalam tools android telah disediakan perangkat emulator yang dapat langsung digunakan saat mengembangkan aplikasi android. Konfigurasi emulator akan disimpan di dalam AVD atau Android Virtual Device.
Sekarang kita akan mengkonfigurasi emulator yang terdapat pada tool Android. Lakukan langkah berikut :

  1. Klik pada menu Window -> Android SDK and AVD Manager
  2. Kemudian akan terlihat jendela Create new Android Virtual Device (AVD). Isi pada bagian Name dengan Latihan,kemudian pada bagian Target pilih Android 2.2 - API Level 8, kemudian pada SD Card untuk Size dapat diisikan angka 10, kemudian klik tombol Create AVD.
  3. Pembuatan AVD dengan nama Dicky berhasil dibuat. Hal ini dapat dilihat pada jendela Android SDK and  Manager dibagian tabel Virtual devices. Langkah berikutnya, jalankan AVD dengan nama Latihan tersebut dengan cara klik tombol Start.
  4. Lalu akan muncul halaman Launch Option yang memberikan informasi tentang ukuran Skin kemudian ukuran Density, dll. Saya sarankan tidak perlu merubah konfigurasi, klik saja tombol Launch untuk menjalankan AVD dengan nama Dicky.
  5. Tunggu beberapa saat ketika jendela Starting Android Emulator muncul pada layar monitor karena proses pemanggilan AVD dengan nama Latihan sedang berlangsung .
  6. Jika proses loading sudah selesai maka akan terlihat tampilan aplikasi Android dengan  background berwarna biru atau bergambar lautan yang ada robot android dan dilengkapi dengan fasilitas Google Search.
  7. Jika tombol yang ada diposisi diantara icon pegangan telepon dan globe ditekan maka akan memperlihatkan menu-menu yang ada pada android. Jadi emulator Android ini benar-benar seperti Android yang sebenarnya.
Perlu diketahui juga bahwa untuk menjalankan emulator Android dibutuhkan  waktu yang agak lama, hal ini bukan berarti hardware atau komputer yang jadi masalahnya, karena dengan hardware yang canggih atau model baru juga akan mengalami masalah yang sama. Sangat dianjurkan ketika kamu berhasil menjalankan emulator Android, jangan ditutup agar ketika melakukan proses running porgram tidak perlu menunggu loading lama lagi.

0 Response to "Tutorial Instalasi Eclipse Juno Untuk Mendevelop Aplikasi di Android"

Post a Comment