Cara Mengambil KP ( Kerja Praktek) dan Membuat Laporan KP di Udinus Lengkap Dengan Contoh Penulisan Laporannya

Pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang " Cara Mengambil KP ( Kerja Praktek) dan Membuat Laporan KP di Udinus Lengkap Dengan Contoh Penulisan Laporannya "

Yupzz  mengapa saya posting tentang hal ini yak???
Hmzz ...  karena saya merasa bahwa nantinya banyak orang yang akan sangat kesulitan  dalam mengambil mata kuliah ini  karena kurangnya informasi  :v :v (termasuk saya pada awalnya dulu) hehe :p
Dan saya berharap dengan adanya artikel ini dapat membantu teman teman agar dapat melakukan KP dengan mudah , benar, dan dapat nilai yang memuaskan...


Klik apabila kamu butuh judul untuk KP ataupun judul Tugas Akhir


Klik apabila kamu juga butuh panduan dalam Pengambilan Tugas Akhir

     Kalau dulu sih untuk ambil KP kita harus udah ambil minimal 114 SKS dan nilai minimal Metopel = C
Tapi karena kebijakan kurikulum baru, entah kenapa peraturannya waktu kelas saya jadi berubah jadi minimal harus udah ambil 100 sks dan tidak perlu sudah ambil metopel.

     Nah lho, kalau besok syaratnya gimana... hmzz itu langsung tanya aja ke Kaprogdi kalian masing masing yak :v hehe... karena itu diluar pengetahuan saya. Saya disini cuman mau kasih sedikit tips tipsnya saja...
Kayak ini lho Tipsnya kawan :


  1.  Pertama kalian harus tau kemampuan kalian sendiri itu di bidang apa, jangan tanya kepada rumput yang bergoyang... tapi tanyalah pada hati kalian sendiri :3 hehe.... usahakan juga kalian udah punya portofolio, yang berkaitan tentang mata kuliah anda (karena setiap jurusan Fakultas beda-beda ruang lingkupnya, kalau di TI ruang lingkupnya di rekayasa perangkat lunak, atau di rekayasa hardware). Hal ini akan memudahkan anda dalam mendapatkan perusahaan yang kemudian perusahaan tersebut dapat menempatkan anda dengan benar sesuai dengan portofolio yang anda berikan.


  2. Usahakan tanya-tanya dulu ke perusahaan-perusahaan yang menjadi sasaran anda KP nantinya, apakah projek yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut, carilah yang paling pas dengan kemampuan yang anda miliki, dan pastikan perusahaan tersebut siap menerima anda KP disaat anda mengambil mata kuliah tersebut (usahakan 3 bulan sebelum waktu KP, untuk mencegah anda tidak diterima karena tempat penuh).
  3. Dari point 1 dan 2, kita sudah fix tentang perencanaan produk dan tempat nantinya, setelah itu carilah pembimbing KP, usahakan carilah dosen yang mudah ditemui (ini yang paling penting), kemudian enak diajak diskusi. Dan yang pasti tanyalah sebanyak mungkin kakak kelas :v , survey satu-satu kalau perlu, dosen mana yang enak atau enggak, kemudian di list, dan kalau sudah ketemu secepatnya di pesen dulu dosennya, bilang ke dosennya "Pak/Bu semester besok saya mau KP , saya ingin agar Bapak/Ibu bisa menjadi pembimbing saya"


    NB: Dapat dosen yang jarang revisi, itu berarti 2 kemungkinan, yang pertama (Laporan anda luar biasa, yang kedua anda akan kesulitan dalam seminar/sidang nantinya :v karena laporan anda tidak diteliti secara optimal, makanya jarang di revisi )
    NB: Dapat dosen yang sering revisi, itu berarti 2 kemungkinan, yang pertama (Dosennya suka sama anda :v hehe :p, yang kedua laporan anda sangat jelek, yang ketiga  anda bisa dengan mudah di seminar/sidang nantinya :v, karena laporan anda diteliti dengan cara yang sangat optimal ).
  4. Yupz hari yang dinantikan pun tiba... yaitu hari dimana anda mengambil KP, upzz tapi nanti dulu, anda memilih Pra KP atau KP, kalau saya sarankan sih ambilnya Pra KP soalnya di luar waktu kuliah, kalau ambil KP ntar takutnya ganggu kuliah, gak fokus KPnya, antar tugas kuliah yang numpuk, projek dan laporan KP yang harus diselesaikan secepatnya :v :v. Jadi pilihlah Pra KP yang lebih mudah, aman dan menyenangkan.
  5. Setelah harinya tiba, anda meminta tanda tangan persetujuan ke dosen yang anda pilih untuk membimbing anda, kemudian dikumpulkan ke koordinator KP, setelah itu daftar online ke websitenya KP, dan ambil formulir dan tatacara KP di TU.
  6. Hmzz kali ini tentang bimbingan KP, pastikan 1 minggu sebelum anda melakukan KP anda harus konsultasi ke pembimbing dahulu, dan setelah melakukan KP, minimal 1 minggu sekali anda harus melakukan bimbingan ke Dosen Pembimbing (Dosbing), hal ini dilakukan agar anda bisa mendapatkan nasehat tentang masalah-masalah apa saja yang anda hadapi saat anda melakukan KP. Dan jangan lupa membawa form bimbingan saat melakukan bimbingan untuk ditandatangani Dosbing.
  7. Saat KP jangan sampai tidak disiplin , dan kurang kerjasama dengan rekan di perusahaan tersebut, karena ada penilain terhadap kedua hal itu nantinya. Usahakan sering berangkat, dan kalau berhalangan ijin ke yang Penyelia Lapangan disitu. Ingat Penyelia Lapangan akan memberi nilai anda selama anda melaksanakan KP di sana. Dan anda tidak boleh hanya menjadi pesuruh (membuatkan teh, atau hanya melakukan input-inputan) Bukan anak TI banget gitu :v :v  hehe..
  8. Sambil KP anda juga harus sambil mengerjakan laporan KP, agar saat anda selesai KP anda sudah langsung bisa melakukan sidang KP, tidak terlalu lama memakan waktu. Dan juga biasanya perusahaan hanya akan memberikan stempel maksimal 1 bulan setelah KP, laporan dan produk harus sudah selesai.
  9. Yupz karena saya baru sampai tahap ACC bab 5 jadi hanya sampai segitu dulu Tipsnya kawan hehe
  10. To be continued " tips seminar KP"  saat nanti saya sudah ke tahap seminar :p hehe doakan saja yak kawan hehe :)



    Nah ini dia contoh Laporan KP saya hehe yang udah di ACC sampai Bab 5  full daftar isi, kata pengantar, daftar gambar, lampiran,  abstrak, dll :p
  11. Power Point Presentasi KP
  12. Nah ini yang perlu diperhatikan waktu menyusunnya  klik





Yupz terimakasi telah membaca postingan saya ini, terimakasih :) dan jangan sungkan meninggalkan komentar, kritik, saran, atau mau menambahi, atau mungkin juga ada yang ingin anda tanyakan, silahkan posting di komentar...... :)

4 Responses to "Cara Mengambil KP ( Kerja Praktek) dan Membuat Laporan KP di Udinus Lengkap Dengan Contoh Penulisan Laporannya"

  1. klo pengen tahu daftar dosen pembimbing KP DKV UDINUS 2015 dimana ya linknya? thanks

    ReplyDelete
  2. tiap progdi kan ada koordinator KPnya masing masing, soalnya kalau di TI udah ditentukan dari awal, kalau untuk DKV tanya ke koordinator aja

    ReplyDelete