Pengertian dan Manfaat Fungsi dalam C / C++



Pengertian dan Manfaat Fungsi


Fungsi merupakan kumpulan statemen yang dikelompokkan menjadi satu bagian kode (blok program) untuk menyelesaikan tugas spesifik tertentu. Melalui cara seperti itu, kode (fungsi) hanya didefinisikan sekali, namun dapat digunakan berulang kali tanpa harus menuliskan kembali kode yang sama. Dengan kata lain, gungsi merupakan subprogram dan bergunauntuk menjadikan program dapat lebih bersifat modular sehingga akan mudah dipahami dan dapat digunakan kembali, baik untuk program itu sendiri maupun untuk program lain yang memiliki proses yang sama.

Dalam setiap bahasa pemrograman (termasuk C++ ), fungsi dibedakan menjadi dua, yaitu "user-defined function" dan "built-in function". User defined function adalah fungsi-fungsi yang didefinisikan sendiri, sedangkan built-in function adalah fungsi-fungsi 'siap-pakai' yang telah disediakan oleh compiler.

Dalam C++, program merupakan kumpulan dari fungsi, baik yang didefiniskan langsung dalam program maupun yang dideklarasikan dalam suatu file header. C/C++ sendiri mempunyai fungsi utama yang disebut fungsi main(). Fungsi main () ini selalu ada dalam setiap program C/C++ dan compiler akan menjalankan program melalui perintah-perintah yang terdapat dalam fungsi ini. Dengan kata lain, fungsi main () akan dipanggil pertama kali ketika program dijalankan.



Mendefinisikan Fungsi

Secara umum, bentuk pendefinisian fungsi dalam C++ adalah sebagai berikut :

tipe_kembalian nama_fungsi(daftar_parameter) {
//badan fungsi
}


Keterangan : 
-tipe kembalian : Fungsi bisa saja mempunyai nilai balik (nilai kembalian). Tipe kembalian adalah tipe data dari nilai yang akan dikembalikan oleh fungsi.
-nama_fungsi : Nama fungsi adalah nama yang akan digunakan dalam pemanggilan. Pemanggilan fungsi harus disesuaikan dengan daftar parameter yang disertakan pada saat pendefinisian fungsi.
-daftar_parameter : Fungsi bisa saja memiliki satu atau lebih parameter. Parameter itu sendiri merupakan variabel berisi nilai yang akan disertakan ke dalam proses yang dilakukan oleh fungsi.
-badan fungsi : kode atau statemen-statemen yang akan dilaksanakan di dalam fungsi guna menyelesaikan tugas spesifik tertentu.


0 Response to "Pengertian dan Manfaat Fungsi dalam C / C++"

Post a Comment