Pahlawan Proklamator Indonesia Yang Paling Disegani

     
gambar pahlawan proklamator indonesia

   Pahlawan proklamator adalah pahlawan yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia setelah sekian lama hidup dalam kekangan bangsa penjajah yang berniat mengeruk sumber daya alam serta SDM yang ada di Indonesia. Keberadaan pahlawan yang mempunyai andil penting dalam peristiwa proklamasi ini tidak bisa dipungkiri menorehkan sejarah yang amat berharga bagi rakyat Indonesia.

    Pahlawan proklamator terdiri atas dua orang, yaitu Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

   Dr. Ir. Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada perioe 1945-1966. Ia memainkan peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Ialah tokoh yang menggerakkan banyak orang untuk terus berjuang mengusir penjajah dengan daya dan upaya yang mereka punya. Pengumuman kemerdekaan Indonesia berhasil dibeberkan kepada publik bersama rekannya, Mohammad Hatta pada 17 Agustus 1945.

      Soekarno lahir di Jawa Timur pada 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta 21 Juni 1970.

   Peristiwa bersejarah yang mewarnai hal ini juga melibatkan golongan tua yang terdiri dari Soekarni, Wikana, Singgih, serta Chairul Saleh yang memaksa golongan tua yakni Soekarno untuk menyingkir dari asrama Rengasdengklok. Para pemuda tersebut menuntut Soekarno dan Hatta untuk memproklamirkan kemerdekaan dengan segera karena di Indonesia pada saat itu sedang terjadi kekosongan kekuasaan. Namun Soekarno tidak menyetujui dengan alasan menunggu kejelasan mengenai penyerahan dari Jepang.

    Sementara Pahlawan Proklamator Indonesia Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta dilahirkan di Bukittinggi, 12 Agustus 1902 dan berpulang ke rahmatullah dalam usia 76 tahun, tepatnya pada 14 Maret 1980 di Jakarta. Ia merupakan partner dan wakil presiden pertama RI. Bersama Soekarno, ia berusaha keras memperjuangkan hak rakyat Indonesia untuk merdeka dan berdikari di tanahnya sendiri. Sosok Mohammad Hatta yang dikenal sebagai bapak koperasi ini juga pernah menjabat sebagai Menteri dalam kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS.

   Mohammad Hatta sebagai Pahlawan Proklamator Indonesia, pertama kali mengenyam pendidikan formal di sekolah swasta. Kemudian pindah ke sekolah rakyat, ELS di Padang, dan melanjutkan ke MULO pada 1917. Selain ilmu pengetahuan umum, Hatta kecil juga ditempa dengan ilmu agama oleh kedua orangtuanya. Mohammad Hatta juga kerap menulis artikel untuk memberi peringatan agar rakyat Indonesia tidak memihak pada Belanda maupun Jepang.


Semoga artikel Pahlawan Proklamator Indonesia ini dapat bermanfaat 

terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk like, komen and share artikel pahlawan proklamator Indonesia  ini.

0 Response to "Pahlawan Proklamator Indonesia Yang Paling Disegani"

Post a Comment