Tutorial Proses Pengerjaan Tugas Akhir Pemrogaman Internet (Sosial Media) Tahap 9 (Halaman Administrator & Penutup)

Yupz... di pagi yang dingin diiringi dengan tawa hujan :3  hehe....
kita berjumpa lagi di penghujung acara... yaitu pada tahap terakhir pembuatan website pertemanan ini

Dan langsung saja kita mulai untuk langkahnya :



Halaman Administrator

Mengingat pembahasan halaman user (front end) sudah cukup banyak, maka halaman administrator (back end) dalam proyek ini sengaja dibuat sederhana, yaitu hanya fitur untuk penghapusan member, penghapusan status dan penghapusan komentar.

Seorang administrator memiliki akses untuk melakukan hal hal tersebut untuk memantau segala aktifitas dalam website ini. Artinya, ketika ada aktifitas member yang tidak semestinya atau mungkin membuat Status atau Komentar yang tidak patut, seorang administrator dapat menghapusnya dari database.

Dan perlu diketahui bahwa semua gile yang berhubungan dengan administrator akan disimpan di dalam folder admin. Dan berikut adalah penjelasan skripnya :





  • Skrip index.php

    Untuk mengatur tampilannya, kita gunaakan file login.css yang juga berada satu folder dengan skrip index.php, yaitu folder admin.

    Untuk mengujinya di browser, silahkan ketik http://localhost.jejaring.admin, maka akan tampil form login, kemudian isikan pada Username: admin dan Password: admin, lalu klik tombol Login. Lihatlah gambar dibawah ini :

                     

  • Skrip cek_sesi_admin.php

    Sama seperti Halaman User, Halaman Administrator perlu juga sebuah pengecekan otorisasi sesi. Sehingga, halaman-halaman administrator tidak dapat dibuka secara langsung tanpa sebuah sesi dari login seorang Administrator.

  • Skrip administrator.php

    Setelah administrator berhasil login, maka akan diarahkan ke halaman utama administrator, dalam hal ini adalah gile administrator.php.

    Gambar dibawah ini adalah tampilan halaman administrator apabila admin berhasil login.

                        
  • Skrip hapus_member

    Seperti terlihat pada gambar diatas, halaman administrator langsung menampilkan daftar seluruh member yang dapat langsung dihapus oleh administrator. Adapun proses penghapusan ditangani oleh file hapus_member.php.

    Ketika seorang member dihapus oleh administrator maka member tersebut akan dihapus secara keseluruhan oleh aplikasi. Artinya, member tersebut akan terhapus dari tabel user, lalu juga akan menghapus array pertemanan dari semua member yang menjadi temannya, dan juga akan menhapus semua status dan komentar yang telah dibuatnya.

  • Skrip status.php

    Selain menghapus member, administrator juga bisa menghapus Status dan Komentar. Halaman penghapusan Status dan komentar ditangani oleh skrip status.php ini.

    Konsep tampilan Status dan Komentar pada halaman administrator sebenarnya hampir sama dengan halaman user (jadi file style yang digunakan juga sama, yaitu dinding.css), si pemilik akun, sedangkan pada halaman administrator semua status dan komentar dapat dihapus oleh administrator.

    Untuk lebih jelasnya, coba Anda lihat pada file buka_status_admin.php yang isi skripnya hampir sama dengan file buka_status.php untuk halaman user, bedanya hanya pada query sql-nya saja.

    Begitu juga dengan file buka_status.php untuk halaman user, bedanya hanya pada query sql-nya saja.

    Begitu juga dengan file buka-komentar_admin.php, hapus_status_ajax_admin.php, dan hpus_komentar_ajax_admin.php.

    Untuk mencobanya, pada halaman Administrator, klik link Status yang terdapat pada bagian atas (header), maka akan tampil daftar Status beserta Komentar-nya yang bisa langsung dihapus oleh admin. Lihat gambar dibawah ini.

  • Skrip logout_admin.php

    Dan terakhir, untuk keluar dari halamanadministrator, seorang admin harus Logout yang ditangani oelh file logout_admin.php.





PENUTUP
Yupz dan selamat kawan.... aplikasi website pertemanan sudah jadi.... :v ... bisa langsung dijalankan melalui localhost, atau kalau ingin di publish di web... bisa dilihat bagaimana cara penguploadannya ke website... bisa anda lihat pada postingan sebelumnya (bukan tahap). Dan selamat mencoba... semoga sukses :)
Dan terimakasih untuk semua pihak yang terlibat :)

hmzz capek juga ngetik sekian banyaknya, ternya lebih susah bikin tutorialnya daripada bikin websitenya... kalau bikin tutorial harus bener-bener paham fungsi masing-masing dari skrip hehe dan sekarang saatnya tidur kawan.... :v

Sampai jumpa lagi di tutorial selanjutnya.... ditunggu komentarnya... kritik / saran dari anda semua :)






Untuk hasil akhir pembuatah website ini silahkan kunjungi : ta.pa.dickyanggriawannugroho.com

0 Response to "Tutorial Proses Pengerjaan Tugas Akhir Pemrogaman Internet (Sosial Media) Tahap 9 (Halaman Administrator & Penutup)"

Post a Comment