Contoh Pengaruh Teknologi Tinggi Dalam Kultur Kita

Salam dingin untuk semua para pembaca... bbrrbrbr....  karena saat saya membuat postingan ini Semarang sedang di landa hujan . hehe :)
Ok semuanya...  pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang TV. Nah sekarang kita akan membahas apa yang ada di dalam TV tersebut. Tapi bukan kabelnya atau malah antenanya, hehe tapi siaran apa saja  yang biasa di tayangkan di TV tersebut serta pengaruhnya terhadap kultur kita.
Siap semua.
Dicky  mengucapkan selamat membaca..  dan pengunjung yang baik pasti meninggalkan jejak postingan serta jangan lupa di follow blog ini :) . Dan jangan lupa di share juga ya  :)


Perkembangan Teknologi sangatlah berpengaruh terhadap keadaan kulkur kita sekarang. Tidak terpungkiri bahwa hampir disetiap kultur saat ini banyak yang memuat beberapa hal – hal yang berkaitan dengan Perkembangan Teknologi.
Hal – hal yang berbau Fiksi ilmiah pun mulai tumbuh subur seperti rerumputan yang bermunculan disaat musim hujan. Bayangan akan kehidupan diabad yang super modern hingga pemikiran untuk menciptakan kehidupan diluar angkasa.
Contoh dari hal – hal diatas terdapat pada beberapa film – film box office , kartun , novel dan lainnya.
1. Star Wars


Film ini sangat populer. Star Wars menceritakan tentang kehidupan seorang Jedi di Long ago, in a galaxy far, far away.. Petualangan dan pertempurannya seru. Tapi saya bahas segini aja. Mending nonton filmnya..
Teknologi di film ini banyak: Pesawat Antariksa FTL(Faster Than Light), Komunikasi 3D, Senapan Laser, Mobil Terbang, Pasukan Robot…. Intinya, berbagai teknologi di film ini adalah impian para futurist. Bayangan akan bagaimana bentuk teknologi yang akan digunakan di masa depan. Sebetulnya, beberapa dari teknologi ini sudah tidak begitu lama lagi.. Walau mungkin adanya Alien dan koloni di luar angkasa, perang antar planet masih dalam lingkup science fiction.
2. The Matriks
Film ini menceritakan bahwa sebenarnya kita hidup dalam “Virtual Reality” yang dinamakan The Matrix. Di dunia nyata, Mesin denganAI (Artificial Intellegence) yang luar biasa tinggi telah menguasai bumi. Manusia yang hidup dalam The Matrix ini adalah “ladang” energi bagi para mesin. Sedangkan manusia-manusia yang tersisa dan masih bertahan dalam perang dengan mesin-mesin tersebut, bergerak secara underground dalam dunia The Matrix.
Teknologi yang paling menarik bagi saya disini adalah “Virtual Reality” dan “Artificial Intellegence“.
Virtual Reality sekarang, tentunya masih tak ada apa-apanya dengan yang digambarkan di film, tapi perkembangannya cukup mengagumkan. bila kita lihat grafik kotak-kotak di komputer jaman baheula, hingga tampilan game mutakhir.. The Matrix is closer than you think. Lagipula, apa yang kita lihat dan rasakan itukan hasil proses otak kita..
3. Andromeda
Film ini mengisahkan beberapa kelompok peneliti dan pihak keamanan luar angkasa yang bertugas untuk mencari sumber kehidupan lain selain Bumi. Orang – orang ini hidup dan tinggal pada sebuah Space Ship yang memiliki teknologi paling mutakhir. Kapal ini memiliki kecerdasan tersendiri seperti seorang manusia. Bahkan kapal ini memiliki tubuh tiruan yang berbentuk robot seorang wanita.
4. Doraemon

Kisah kartun ini merupakan salah satu kisah yang sangat popular diseluruh dunia. Selama lebih dari 30 tahun cerita kartun tentang keajaiban peralatan doraemon digemari setiap anak – anak dan bahkan oleh orang dewasa sekalipun. Doraemon merupakan kisah yang menceritakan tentang sebuah robot kucing yang berasal dari abad ke-22 melalui perantara mesin waktu. Sang penulis, Fujiko F. Fujio, merupakan seseorang yang memiliki pemikiran imajinasi terbaik mengenai alat – alat masa depan. Dia menceritakan, pada peran Doraemon memiliki 1001 macam peralatan apa saja yang menjadi permintaan – permintaan aneh dari Nobita.

5. Angels&Demons
  1. by: Dan Brown

Buku ini mengisahkan tentang perjalanan Robert Langdon dalam mencari sebuah teknologi mutakhir yang hilang, yaitu anti-materi. Disebut begitu karena zat ini mempunyai sifat – sifat yang sangat bertolak belakang dengan sifat anti-materi. Zat ini sangat membahayakan karena daya ledaknya sangat kuat. Sayangnya, zat ini disalahgunakan oleh sekelompok orang untuk meledakkan sesuatu yang berharga.


Sumber  Referensi  :  www.kaskus.us

0 Response to "Contoh Pengaruh Teknologi Tinggi Dalam Kultur Kita"

Post a Comment