Bahasa Pemrograman Python ( Python Progamming Language ) Apa Itu ?

Bahasa pemrograman python ( Python Progamming Language ) adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language) yang dibuat oleh Guido van Rossum pada tahun 1989 dan diperkenalkan ke kalangan umum yang pertama pada tahun 1991. Python ini sendiri diciptakan atas dasar keinginan untuk membantu mempermudah pekerjaan seorang progamer agar lebih cepat dalam penyelesaian program. Bahasa pemrograman python ini dirancang sedemikian rupa guna memberikan kemudahan yang luar biasa, dari segi efisiensi waktu, sampai kemudahan dalam hal pengembangan program dan dalam hal kompatibilitas dengan system. Python ini dapat digunakan dalam pembuatan program standalone dan pemrograman skrip atau scripting programming.

Nah Terus, Apa Kelebihan Bahasa Python dengan pemrograman lain sejenisnya ?




1. Mudah Digunakan ( Easy To Use )

Sebenarnya banyak sekali bahasa pemrograman yang sudah akrab dengan kita, seperti C++, C# maupun Java, dimana bahasa tersebut merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang berarti mereka menggunakan bahasa pemrograman yang lebih mendekati bahasa manusia dibandingkan bahasa mesin. Namun di python bahasa pemrogramannya jauh lebih mendekati manusia, karena perintah - perintahnya benar benar mendekati bahasa inggris yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari - hari.

Menggunakan python jauh lebih cepat dan pendek dibandingkan menggunakan C++, di sini dapat kita ambil contoh  dalam hal penjumlahan dua buah bilangan integer. Di situ kita harus menyediakan 3 buah variabel, 2 variabel penampung nilai bilangan integer yang akan dijumlahkan. Dan 1 variabel penampung nilai hasilnya. 

Agar lebih mudahnya kita langsung ke contohnya saja :


#include<iostream.h>
#include<conio.h>
int main()
{
int a, b, jum;
     a = 6;
     b = 9;
     jum = a + b;
     cout<<a<<" + "<< b <<" =  " << jum;
   
     getch ();
     return 0;
}
Nah sekarang coba dibedakan bila menggunakan bahasa python yang cuman kayak gini :


>>> 6 + 9
22

Nah loe :v cukup satu baris aja kok repot :p  , kurang mudah gimana coba



2. Kompatibilitas dan Kemampuan Tingkat Tinggi


Python ini memiliki banyak sekali kekuatan dan kemampuan yang diharapkan dalam suatu bahasa pemrograman modern. Python dapat menangani suatu pemrograman sederhana sampai suatu pemrograman yang kompleks seperti pemrograman sistem ERP ( Enterprise Resource Planning ) Odoo yang menggunakan bahasa python ini, program ini juga mendukung pemrograman berbasi grafis ( GUI Progamming ). Selain itu kelebihan lainnya yang tidak kalah hebat adalah dalam hal pengalokasian memori dinamis yang dapat membuat programer tidak perlu pusing untuk memikirkan manajemen memori pada program yang dia buat.

Sedemikian hebatnya python ini hingga mampu memikat ratusan bahkan ribuan dari jutaan progammer yang ada di dunia untuk langsung mencobanya dan mengimplementasikannya secara langsung. Tidak sedikit pula perusahaan Raksasa yang menggunakan bahasa ini untuk mengembangkan aplikasinya seperti : Google, HawlettPackard (HP), IBM, Microsoft, NASA, Yahoo, Red Had, dan Xerox. 


3. Pemrograman Berorientasi objek ( Object Oriented Progamming )


Nah bila kamu pernah bermain coding, maka pasti kamu sudah paham apa itu OOP (Object Oriented Progamming, atau dalam bahasa indonesianya PBO ( Pemrograman Berorientasi Objek ). Python juga mendukung sistem OOP ini, yaitu suatu metode pendekatan objek-objek nyata yang ada dalam kehidupan sehari - hari yang kemudian dijadikan sebagai bahasa pemrograman . 


4. Platform Independent


Python ini adalah bahasa pemrograman platform independent dengan artian, bahwa program yang dibuat menggunakan python dapat berjalan pada sistem operasi apa saja selama di dalam sistem operasi tersebut terdapat platform python ( Interpreter Python )

Maksudnya di sini adalah, bila kalian membuat pemrograman di OS windows, kamu tetap bisa menjalankan aplikasi mu di OS Linux apapun, bahkan di Mac OS pun juga bisa selama ada atau sudah terintegrasi dengan interpreter Python.


5. Gratis dan Kode Sumber Terbuka ( Open Source )


Gratis, hmmzz siapa yang langsung bilang woww :v . Kebiasaan orang indo liat yang gratisan wkwkwk. Artinya apa? ya kalian bisa install dan menggunakan python tidak perlu bajak illlegal, karena sifatnya di sini adalah gratis, dan bahasa pemrogramannya ini bisa juga kalian kembangkan kalau kalian mau, karena sifatnya adalah opensource, kode sumbernya terbuka


Nah itulah sekilas tentang bahasa pemrograman python, semoga ilmunya tersebu bisa ber manfaat untuk kalian semua.

0 Response to "Bahasa Pemrograman Python ( Python Progamming Language ) Apa Itu ?"

Post a Comment